Nomor Induk Berusaha sebagai Angka Pengenal Importir (API)

 Nomor induk berusaha
Kontak Kami →
Nomor Induk Berusaha sebagai Angka Pengenal Importir (API) – Mulai diberlakukan secara resmi pada bulan Mei 2018 lalu, kini para pelaku usaha tak perlu lagi repot mengurus segala jenis bentuk perizinan usaha, seperti SIUP dan TDP. Adanya Nomor Induk Berusaha (NIB) akan menggantikan kedudukan semua proses perizinan terkait dengan usaha. Selain itu, NIB juga bisa berfungsi sebagai akses kepabeanan dan Angka Pengenal Importir (API).

Mulai diberlakukan secara resmi pada bulan Mei 2018 lalu, kini para pelaku usaha tak perlu lagi repot mengurus segala jenis bentuk perizinan usaha, seperti SIUP dan TDP.

Adanya Nomor Induk Berusaha (NIB) akan menggantikan kedudukan semua proses perizinan terkait dengan usaha. Selain itu, NIB juga bisa berfungsi sebagai akses kepabeanan dan Angka Pengenal Importir (API).

Sesuai dengan bunyi Pasal 25 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Eletronik di Online Single Submission (OSS)

Sedangkan  “NIB merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh Pelaku Usaha untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional termasuk untuk pemenuhan persyaratan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional”.

Latar belakang diluncurkan kebijakan baru ini adalah banyaknya keluhan yang datang dari para pelaku usaha terkait kepengurusan perizinan usaha yang terbilang rumit dan cenderung berbelit-belit.

Belum lagi waktu yang dibutuhkan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah perizinan. Padahal, dibutuhkan lebih dari satu surat izin kepemilikan usaha.

Dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), maka nantinya setiap pengusaha tidak perlu membawa terlalu banyak dokumen persyaratan untuk mengurus suatu izin usaha.

Cukup dengan menggunakan NIB sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan disertai dengan beberapa dokumen pendukung yang memang dibutuhkan.

Contoh NIB Usaha kami

Untuk dapat melakukan kegiatan Kepabeanan dan Cukai saat ini sesuai dengan PP 24 Tahun 2018 cukup dengan menggunakan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Menurut Instansi Bea cukai dalam webnya : Untuk memperoleh NIB, dapat dilakukan secara online melalui Online Single Submission yg diakses dalam tautan oss.go.id

Daftar ijin yang digantikan NIB

A.    NIB dapat berlaku sebagai pengganti TDP, API & Akses Kepabeanan sbg Eksportir & Importir.

B.     Pengguna jasa yg hendak mendapatkan akses kepabeanan  sebagai PPJK, Pengangkut, Pengusaha TPS, Pengusaha PJT tetap melakukan registrasi kepabeanan.

NIB merupakan salah satu syarat untuk mendapat Akses Kepabeanan (PPJK, Pengangkut, Pengusaha TPS, Pengusaha PJT) serta pengurusan perizinan KITE, TPB, & NPPBKC

Kontak langsung pilih :