fbpx

Import Dari China

 Import product. Sourcing
Import Dari China – Deskripsi: Handling pengurusan import dan pergudangan barang dari china. Panduan lengkap cara menjadi importir pemula dan juga professional. Dan panduan bagaimana import barang dari china.

Melakukan importir barang china telah membuktikan taktik sukses sumber global untuk banyak bisnis. Produk yang dibuat di China seperti sepatu, pakaian, elektronik, furnitur, perabot rumah tangga dan banyak lagi yang populer di seluruh dunia.

Namun, ini bukan tugas yang mudah untuk menjadi importir terutama menjadi importir pemula. Proses pengimporan bisa sangat rumit, membingungkan, dan mahal. Keuntungan yang diharapkan sering dapat dihapus oleh waktu transit yang lama, naik atau fluktuasi biaya pengiriman, biaya regulasi, dan penundaan tak terduga. Di bawah ini kita memberikan panduan secara mendetail bagaimana cara menjadi importir barang China.

 

1. Mengetahui pemasok atau vendor

Cari tahu siapa pemasok terbaik, buat daftar, evaluasi profil toko online, periksa masukan sebelum melakukan pembelian, bandingkan harga, pengiriman, hubungan dengan orang, dll. Tentukan Temukan pemasok Anda di China dan lakukan pemesanan. Tempatkan pesanan Anda dengan vendor, pengirim atau pengekspor dan identifikasi ketentuan pengiriman yang akan digunakan.

2. Bangun Trust pemasok Anda dengan mengirim Inspection Internal

Perdagangan internasional didasarkan pada saling percaya. Jika Anda tidak mempercayai pemasok Anda, tidak ada yang akan menjaga produksi Anda di pabrik, dan tidak ada yang akan dengan tulus membantu Anda ketika masalah terjadi. Pastikan Anda memeriksa ulang bahan-bahan dan proses pembuatan setiap kutipan sehingga Anda dapat merasa yakin dengan produk yang Anda beli. Pastikan pemasok Anda benar-benar mengkonfirmasi setiap spesifikasi produk target Anda, termasuk kemasannya. Terkadang, perlu mengirim sampel untuk diperiksa ulang.

3. Atur transportasi kargo Anda

Ada banyak biaya yang terkait dengan pengiriman barang, termasuk biaya kontainer, pengemasan, penanganan terminal, dan biaya broker. Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang biaya pengiriman, masing-masing faktor ini harus diperhitungkan.

4. Pilih mitra pengiriman barang yang baik

Logistik adalah aspek bisnis modern yang sangat dihargai. Biaya pengiriman mencakup biaya langsung dan tidak langsung untuk mengangkut produk dari titik asal mereka ke pasar tujuan. Jika mereka melakukannya dengan benar, dan pilih penyedia logistik yang baik; mereka dijamin kelancaran operasi, biaya yang dapat dikelola, dan arus kas kontinyu.

Jika mereka salah, ini akan bisa membuat Anda  meningkatnya biaya dan pemborosan. Paling buruk, mereka bisa menghadapi model bisnis yang gagal yang akhirnya harus ditutup. Perusahaan akan terus kehilangan uang jika logistik mereka tidak dikelola dengan baik.

5. Lacak kargo Anda dan bersiap-siap untuk kedatangan

Pengiriman barang secara internasional membutuhkan waktu. Misalnya, barang yang dikirim dari China, rata-rata, membutuhkan waktu sekitar 14 hari untuk mencapai Indonesia atau 30 hari selambat-lambatnya.

Selama ini, periksa faktur komersial Anda, daftar kemasan, bill of lading, dan dokumen pengiriman terkait lainnya. Jika masalah timbul yang perlu Anda pecahkan, Anda harus tahu langkah-langkah yang dilalui barang Anda saat dibersihkan atau di periksa oleh Bea Cukai Indonesia.

Warehousing / Gudang Penyimpanan

Siapa yang tak kenal dengan kata gudang. Gudang (kata benda) kadang diidentikan dengan logistik, asyiknya ketika seseorang mempelajari manajemen logistic maka orang itu akan bertemu dengan banyak ilmu. Seperti yang dikatakan oleh Siahaya (2012), manajemen logistic adalah bagian dari supply chain management yang merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan aliran barang secara efektif dan efisien yang meliputi transportasi, penyimpanan, distribusi dan jasa layanan serta informasi terkait mulai dari tempat asal barang sampai ketempat konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Bekerja digudang adalah bekerja tentang perencanaan Perencanaan adalah hal utama bagi mereka yang bekerja di gudang karena dengan perencanaan itulah kegiatan gudang dapat berjalan dengan baik.

Inventory dalam bahasa Indonesia berarti persediaan. Sedangkan sistem inventory memiliki makna pengaturan persediaan dan berkaitan dengan aktivitas logistik sebuah perusahaan. Di mana kegiatan dari sistem tersebut termasuk dalam pengecekan dan penyediaan stok bahan baku atau barang setengah jadi ataupun barang jadi, demi kelancaran proses produksi atau pemenuhan permintaan pelanggan.

 

Menurut George R Terry dan Leslie W Rue (2005) didalam fungsi manajemen, perencanaan diartikan sebagai menentukan tujuan — tujuan yang hendak dicapai selama suatu masa yang akan datang dan apa yang harus diperbuat agar dapat mencapai tujuan — tujuan tersebut.  Sebenarnya memang tak bisa dipungkiri bahwa bekerja di gudang adalah bekerja dengan kesunyian tetapi justru dalam sunyi inilah kenikmatan belajar bisa dirasakan.

Hiruk pikuk digudang hanya terjadi saat ada kiriman barang yang datang dalam jumlah besar dan itupun tidak berlangsung lama. Pekerjan di gudang tentu ada yang menerima supply barang – barang dari berbagai vendor lalu ada juga yang bertugas untuk merelokasi dimana penyimpanan material tersebut ada juga yang mempersiapkan material yang dibutuhkan ke lokasi lain sampai ada yang memproses pengiriman dari barangnya itu sendiri

Untuk memenuhi tuntutan anda soal Gudang kami memiliki produk penyewaan gudang retail tanpa membayar sewa gudang yang skala besar tetapi cukup per metric kubik.

 

×

Selamat datang di DuaLangkah

×