Cara Mengurus Izin Edar Makanan

Cara Mengurus Izin Edar Makanan – Dalam hal UKM atau usaha kecil dan menengah, sangat penting untuk memiliki izin edar dari BPOM untuk produk yang mereka produksi, dalam hal ini makanan olahan. Karena masyarakat saat ini cenderung mencurigai produk tanpa izin BPOM.

BPOM sendiri merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang merupakan lembaga yang berwenang untuk mengawasi peredaran produk obat dan makanan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk melindungi keselamatan, keamanan dan kesehatan konsumen.

Cara Mengurus Izin Edar Makanan

Cara Mengurus Izin Edar Makanan

Oleh karena itu, sertifikasi izin edar BPOM merupakan legalitas penting yang akan menjamin kualitas produk. Sehingga dapat meningkatkan citra produk di mata konsumen, sekaligus meningkatkan daya saing pasar.

Tak Boleh Asal Jual, Ternyata Ini Aturan Umkm Pangan Wajib Kantongi Izin Edar Bpom

Lantas bagaimana cara mendapatkan sertifikat izin edar BPOM untuk UKM, khususnya yang memproduksi makanan olahan? Ini penjelasannya.

Sebelum mendapat izin edar dari BPOM, UKM harus memenuhi persyaratan. Khususnya bagi mereka yang memproduksi makanan olahan, mengandung bahan dasar susu, bahan tambahan makanan seperti pengawet, penguat rasa dan pewarna, atau produk yang diklaim sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Dengan begitu, proses pengajuan Izin Penyalur Produk Pangan Olahan BPOM untuk usaha Anda sudah selesai. Izin edar yang diterbitkan berlaku untuk jangka waktu 5 tahun dan dapat diperpanjang dengan registrasi ulang.

Facebook Marketplace memberikan peluang dan sarana bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari cara menggunakan Facebook Marketplace untuk meningkatkan penjualan online Anda. Unduh panduannya sekarang, GRATIS! Karier para pelaku UMKM sangat menjanjikan akibat pandemi Covid-19 dan badai magang. Dengan demikian terjadi peningkatan pelaku UMKM, khususnya pada sektor industri makanan dan minuman. Peningkatan ini tidak sejalan dengan pengetahuan UKM modern yang hanya fokus pada produksi dan penjualan tanpa memperhatikan kepastian hukum atas produk yang dipasarkan.

Syarat Dan Tahapan Memperoleh Izin Edar Bpom Ri Md

Kebanyakan dari mereka tidak meremehkan nilainya dan menekankan bahwa bahan yang digunakan untuk produksi aman dan tidak menggunakan bahan berbahaya. Memang, pihak berwenang mungkin menganggap berbahaya untuk menjual produk medis dan makanan tanpa otorisasi keamanan yang sah.

Untuk mencegah hal tersebut, pemerintah membentuk sebuah lembaga bernama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM mempunyai fungsi mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. BPOM juga memiliki Sistem Pengawasan Obat dan Makanan atau disingkat SisPom yang efektif dan efisien dalam mendeteksi, mencegah dan memantau produk yang beredar di pasaran. Sehingga keselamatan, keamanan dan kesehatan terjamin dengan obat dan makanan.

BPOM sendiri memiliki manfaat bagi UMKM, dimana UMKM yang memiliki izin dari BPOM akan memberikan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk yang dijualnya karena telah lulus uji dan memiliki kandungan yang aman untuk digunakan.

Cara Mengurus Izin Edar Makanan

Saat ini UMKM dapat mengajukan pendaftaran produknya ke BPOM secara online melalui link di atas. Sebelum mendaftarkan produknya, UMKM terlebih dahulu mendaftarkan usahanya dengan memasukkan detail perusahaan, detail pabrik, dan detail PSB. UMKM juga dipersilakan mengunggah detail sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan. Selain itu, hard copy dari semua materi dapat diserahkan ke alamat yang tercantum pada halaman pendaftaran. Berikut adalah flowchart dari proses pendaftaran usaha.

Pengajuan Spp Irt Dan Md Untuk Pangan Olahan

Setelah pendaftaran berhasil, UMKM dapat mendaftarkan produk yang akan didaftarkan ke BPOM. Langkah awal bagi UMKM adalah mengajukan permohonan dengan memasukkan detail produk, detail bahan baku, hasil analisis, detail informasi nilai gizi, detail aplikasi produk dan upload file sesuai kebutuhan. UMKM kemudian diundang untuk mengirimkan berkas kertas ke alamat BPOM. Semua detail aplikasi dan desain label akan diverifikasi hingga perintah pembayaran (PO) diterbitkan. UMKM melakukan pembayaran sesuai jumlah SPB dan mengunggah bukti pembayaran. Bukti pembayaran yang dikirim kemudian akan diverifikasi. Setelah verifikasi, proses selanjutnya menunggu validasi dari BPOM. Terakhir, akan diterbitkan Surat Persetujuan Pendaftaran (SPP) dan UKM diminta mengirimkan berkas tambahan yang diminta ke alamat BPOM. Proses penerbitan Nomor Otorisasi Distribusi (NIE) membutuhkan waktu 30 hari kerja sejak pendaftaran. Berikut adalah flowchart pendaftaran produk makanan.

Masa berlaku nomor BPOM saat ini adalah 5 tahun, berdasarkan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan nomor 27 tahun, Pasal 79 ayat (1) menyebutkan bahwa “izin edar berlaku selama 5 (lima) tahun, jika mungkin diperpanjang dengan memprogram ulang”.

Karena prosesnya memakan waktu dan memerlukan uji klinis untuk memastikan bahwa bahan-bahan dalam produk yang dijual aman untuk dikonsumsi dan digunakan, pendaftaran izin distributor BPOM dikenakan biaya. Royalti ini akan masuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Berikut biayanya:

Diharapkan sebelum menjual produk di pasar, UMKM sudah mendaftarkan legalitas produknya ke BPOM, khususnya untuk makanan, minuman dan obat-obatan. Dengan legalitas produk tersebut, banyak konsumen yang lebih percaya karena keamanan konsumsinya terjamin. Hal ini membuat bisnis berjalan lebih lancar dan meningkatkan omzet.

Produk Pangan Yang Perlu Sertifikat Bpom, Simak Jenisnya Di Sini

Izin edar makanan, cara mengurus izin edar bpom, izin edar makanan bpom, cara mengurus izin edar beras, cara urus izin edar, cara mengurus izin edar, mengurus izin edar produk, izin edar makanan umkm, cara mengurus izin edar kosmetik, cara mengurus izin edar alat kesehatan, cara mengurus surat izin edar, cara mengurus izin edar pkrt

Artikel Terkait

Leave a Comment